Pembina dan para siswa yang tergabung dalam kelompok ekstrakurikuler jurnalistik melaksanakan pertemuan perdananya pada Rabu (25/08/2021). Pertemuan dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan virtual zoom. Pembina ekstrakurikuler jurnalistik, Ibu Rosa dan Pak Epin menyambut para siswa di ruang virtual dengan begitu hangat. Kegiatan dimulai tepat pukul 13.35 WIB, yang diawali dengan doa pembuka.

Pertemuan Ekskur Jurnalistik melalui Zoom

Selesai berdoa, kegiatan dilanjutkan dengan sesi perkenalan. Sesi ini bertujuan agar para anggota jurnalistik tidak hanya menimba ilmu, namun juga saling mengenal dan menjalin komunikasi yang baik. Apalagi dalam pertemuan perdana, tentu masih banyak yang belum mengenal satu sama lain. Ibu Rosa memandu para siswa agar berani mengekspresikan dirinya masing-masing dalam sesi ini. Lebih lanjut, Ibu Rosa juga menegaskan pentingnya sesi perkenalan ini. Karena jika tak kenal, maka tak sayang.

Sesi materi dimulai dengan beberapa pertanyaan seputar pengalaman anggota, motivasi dalam memilih ekstra jurnalistik, serta mencermati pentingnya media massa berupa surat kabar di masa serba elektronik seperti sekarang. Sebagian anggota sudah berani menjawab dan mengutarakan pendapatnya. Pak Epin memperkenalkan materi tentang sejarah kelahiran media massa yang diawali dengan Revolusi Guttenberg (penemuan mesin cetak). Menurut Pak Epin, kehadiran mesin cetak menjadi pertanda awal lahirnya media-media sosial yang banyak digunakan oleh manusia saat ini.

Sementara itu, Ibu Rosa menerangkan kepada peserta tentang pentingnya pemahaman akan media sosial agar dapat mengurangi resiko atau dampak negatifnya. Dalam kesempatan yang baik ini, Ibu Rosa mengajak seluruh peserta untuk memahami dampak positif dan negatif dari media sosial. Salah satunya adalah tentang efek kecanduan terhadap media sosial.

Ada banyak harapan yang disematkan kepada peserta ekstrakurikuler jurnalistik. Salah satunya adalah agar para siswa memiliki semangat menulis yang tinggi.  Pembina juga berharap agar anggota jurnalistik dapat turut serta mengambil bagian dalam penyusunan majalah sekolah sebagai produk hasil menyelami seluk-beluk jurnalistik. Kegiatan ekstrakurikuler tak lupa diakhiri dengan doa penutup.

 

Veronica Hadi / XII IPS 1

Sebarkan artikel ini