Holaa BeWinners…… bagaimana nih kabarnya setalah liburan panjang? Semoga kamu semakin semangat yaa untuk berjumpa lagi dengan sekolah dan memasuki tahun ajaran baru 2023/2024. Tahun ajaran baru ini kita awali dengan kegiatan MPLS yaitu untuk menyambut peserta didik baru yang akan menempati kelas 10. Seperti yang kita ketahui MPLS merupakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang diadakan untuk adik-adik kelas kita agar lebih mengenal lingkungan sekolah dan mempersiapkan mereka untuk lebih disiplin, mandiri, agar siap memasuki jenjang SMA. Kegiatan MPLS juga tidak hanya mengenalkan lingkungan sekolah tetapi juga menjadi wadah untuk peserta didik baru berkenalan dengan teman-teman yang baru dan memperbanyak relasi. Kegiatan MPLS tahun ini mengambil tema yang sesuai dengan tema besar SMA Strada Bhakti Wiyata pada Lustrum pertama yakni “In Omnia Paratus” yang berarti “Siap Untuk Apapun Yang Terjadi”. Paus Orca merupakan icon dan juga filosofi untuk mencapai tujuan tersebut. Paus Orca melambangkan peserta didik yang memiliki ketangkasan dan kecerdasan untuk menghadapi untuk berani menghadapi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Untuk mempersiapkan peserta didik baru dengan kegiatan MPLS, maka diadakan pra-MPLS agar adik-adik kita lebih siap untuk mengikuti kegiatan MPLS. Pra-MPLS diadakan pada Jumat, 8 Juli 2023. Di pra-MPLS terdapat pembagian kelompok untuk adik-adik kita mengikuti MPLS yang berlangsung selama 3 hari, Senin-Rabu (10-12 Juli 2023). Setelah pembagian kelompok, dilanjutkan dengan dinamika kelompok untuk para peserta didik baru berkenalan dengan teman-temannya dan kakak-kakak pendamping kelompok. Mereka juga membahas untuk penampilan  mereka yang akan ditampilkan pada hari ke-3.

Hari pertama MPLS dibuka dengan upacara pembukaan MPLS yang dilaksanakan di lapangan SMA Strada Bhakti Wiyata, dilanjutkan dengan  sambutan kepala sekolah dan ketua panitia di aula lantai 4. Hari pertama kegiatan MPLS diisi dengan pemaparan materi yang diberikan oleh bapak dan ibu guru :

  1. Visi, misi, motto sekolah ( Pak Vajar )
  2. Kurikulum Pembelajaran ( Bu Susan )
  3. Fasilitas Sekolah dan PLH ( Pak Andes )
  4. PPR ( Pak Cahyo )

Hari kedua kegiatan MPLS dibuka dengan apel pada pukul 07.00 pagi yang dilaksanakan di lapangan SMA BW. Di hari kedua MPLS, diadakan pengenalan terhadap anggota pengurus DKA ( Dewan Kerja Ambalan ) dan pengurus OSIS/MPK agar peserta didik baru lebih mengenal organisasi SMA Strada BW. Dilanjutkan dengan kegiatan school tour agar adik-adik kelas 10 mengenal dan mengetahui fungsi dari fasilitas yang ada di sekolah. Pemaparan materi hari kedua diberikan oleh :

  1. Profil Pelajar Pancasila ( Mr. Adhe )
  2. Tata Tertib ( Pak Yoyok )
  3. Pelajar Ramah Digital ( Pak Brian )
  4. Kesiswaan dan Ekstrakulikuler ( Mr.Ega )

Hari ketiga kegiatan MPLS diadakan di lapangan SMA BW. Di hari terakhir ini berbeda dengan hari sebelumnya. MPLS hari ketiga merupakan puncak dari keseruan kegiatan MPLS ini. Dibuka dengan apel pada pukul 07.00 WIB setelah itu dilanjutkan dengan materi PBB yang diberikan oleh kakak anggota paskibra SMA BW. Terdapat juga demo ekstrakulikuler Pramuka dan Modern Dance untuk adik-adik yang tertarik untuk bergabung dalam ekstrakulikuler. Adik-adik peserta MPLS juga menampilkan berbagai penampilan seperti ansambel, musikalisasi puisi, menari. Untuk menyambut para peserta MPLS menjadi siswa-siswi resmi SMA BW maka dipilih 2 peserta MPLS untuk untuk dipasangkan dasi SMA sebagai simbolisasi penerimaan murid baru. Setelah itu kegiatan MPLS ditutup dengan perayaan bersama kakak-kakak panitia.

Dengan berakhirnya kegiatan MPLS SMA Strada Bhakti Wiyata tahun 2023 maka kami ucapkan selamat datang dan selamat memasuki jenjang SMA bagi para peserta didik baru. Semoga kalian bisa menempuh dan mengejar cita-cita kalian. Semoga kalian bisa bertumbuh dan berkembang secara karakter dan menggapai cita-cita kalian di masa depan dengan SMA Strada Bhakti Wiyata. Selamat memasuki tahun ajaran 2023/2024.

(Raquel)

Sebarkan artikel ini